Manchester United jinakkan 10 pemain Southampton



SOUTHAMPTON - Manchester United melenggang mulus ke putaran keempat FA Cup 2008/2009. Tiket tersebut dikantongi setelah The Red Devils membekuk tuan rumah Southampton 3-0, pada putaran ketiga FA Cup di Stadion St Mary's Stadium, Senin (5/1/2009) dinihari tadi.

Pada pertandingan kali ini, pelatih United Sir Alex Ferguson memang sedikti mengubah formatnya di lini depan. Secara tak terduga, pelatih asal Skotlandia tersebut mencadangkan Wayne Rooney dan memilih bomber muda Danny Welbeck untuk berduet dengan Dimitar Berbatov di starting line up.

Namun, strategi Fergie kali ini bisa dibilang sangat tepat. Pasalnya, Welbeck menjadi pembuka keunggulan United berkat golnya di menit ke-19. Berawal dari umpan tendangan sudut yang disundul John O'Shea dan masih mampu dihalau Kelvin Davis, Welbeck memanfaatkan bola muntah untuk menceploskan bola ke gawang dan membawa timnya unggul 1-0.

Unggul satu gol tak membuat United berpuas diri dan terus melancarkan serangan bertubi-tubi ke gawang Davis. Michael Carrick hampir saja menggandakan keunggulan timnya, andai tendangan kerasnya yang mengarah tajam ke sudut gawang tak membentur bek Chris Perry dan membelokkan ke luar lapangan.

Southampton yang terus menerima serangan demi serangan tanpa bisa membalas, mulai menampilkan permainan keras yang menjurus kasar, guna menghentikan dominasi United. Sayang, strategi tersebut justru harus dibayar mahal dengan kartu merah yang diterima bomber Matthew Paterson di menit ke-36, karena melakukan pelanggaran keras terhadap Nemanja Vidic. Babak pertama pun usai dengan keunggulan 1-0 untuk United.

Tiga menit setelah memasuki babak kedua, Southampton kembali harus menelan pil pahit karena wasit menunjuk titik putih akibat handsball yang dilakukan David McGoldrick saat berusaha menghalangi tendangan Nani. Nani yang maju sebagai eksekutor sukses menjalankan tugas dan membawa timnya unggul 2-0.

Tertinggal dua gol, membuat mentah bermain para pemain Southampton menurun drastis. Alhasil, sepanjang sisa pertandingan mereka hanya bertahan guna mencegah gawangnya tidak kebobolan lebih banyak gol. Namun, strategi menumpuk pemain di zona pertahanan tak juga membuat The Saints lepas dari masalah.

Pasalnya, strategi tersebut justru membuat jawara Liga Champions dan Premier League itu semakin leluasa melakukan tekanan demi tekanan. Hasilnya pun terbukti lewat tambahan gol yang dilesakkan pemain pengganti Darron Gibson pada menit ke-80.

Gelandang muda tersebut sukses melengkapi keunggulan timnya menjadi 3-0 setelah sukses memanfaatkan umpan manis Wayne Rooney yang sebelumnya melakukan penetrasi ke jantung pertahanan Southampton. Hingga laga usai, United tetap unggul 3-0 dan berhak lolos ke putaran empat FA Cup mengikuti jejak Aston Villa yang sebelumnya juga sukses membekuk tim divisi dua lainnya Gillingham.

0 komentar:

Name :
Web URL :
Message :