PREVIEW Primera Liga Spanyol: Jornada 17


Barcelona vs. Mallorca

Setelah cukup lama absen, Andres Iniesta akan kembali bermain saat Barcelona menjamu Mallorca di Nou Camp. Namun lini belakang El Barca tidak akan diperkuat Gabi Milito, sedangkan Yaya Toure meragukan.

Pelatih Pep Guardiola tidak terlalu gundah. Ia punya banyak opsi di lini belakang, dan relatif tak punya masalah di lini tengah dan depan. Barcelona berpotensi kian menjauh dari kejaran semua pesaingnya.

Mallorca mengawali musim ini dengan buruk, dan relatif belum mampu memperbaiki performanya sampai laga ke-16. The Islanders terpuruk di tepi zona degradasi, dan berpotensi terus merosot karena harus melewati tiga laga super berat sepanjang Januari. Dimulai dengan bertandang ke Barcelona, lalu menjamu Real Madrid dan Villarreal, pada pekan berikut.

Lebih menyedihkan, Mallorca tidak punya dana untuk memperbaiki skuadnya. Sejauh ini mereka baru mendapatkan penjaga gawang Dudu Aouate, dan tidak terlihat tanda-tanda akan aktif di pasar transfer. Freddy Shepherd, mantan pemilik Newcastle yang kini sedang berunding untuk mengambil alih Mallorca, juga tidak menjanjikan investasi untuk pembelian pemain.


Valencia vs. Atl Madrid

Setelah melewati penghujung 2008 tak menyenangkan, dikalahkan Real Madrid 1-0, Valencia kini harus mengawali tahun 2009 dengan menghadapi Atletico Madrid di Stadion Mestalla. Pelatih Unai Emery menyebut pertemuan dengan Los Rojiblancos sebagai laga yang harus dimenangkan, jika timnya ingin tetap bersaing dengan Sevilla, Real Madrid, dan Villarreal.

Los Che masih belum bisa diperkuat Edu, Pablo Hernandez, dan Miguel Angel Angulo. Emery hanya memperoleh tambahan tenaga dengan kembalinya Nicola Zigic, yang enam bulan dipinjam ke Racing Santander.

Atletico Madrid menutup 2008 dengan mengalahkan Espanyol 3-2, dan naik ke peringkat ketiga. Kemenangan itu juga memperpanjang catatan tak terkalahkan Los Rojiblancos menjadi empat kali berturutan. Sejak dikalahkan Real Madrid di Vicente Calderon, Oktober lalu, Atletico tak terkalahkan di semua kompetisi.

Kini, Javier Aguirre berniat memperpanjang catatan positif itu. Ia yakin bisa melakukannya karena Sergio Aguero dan Maxi Rodriguez telah sembuh, dan Giorgios Seitaridis siap berlaga setelah beberapa pekan istirahat akibat cedera.


Malaga vs. Sporting Gijon

Salva Ballesta akan kembali memperkuat Malaga, setelah absen akibat cedera. Adriano Ferreira, pemain yang baru dikontrak, akan membuat debutnya di La Rosaleda, saat Malaga menjamu Sporting Gijon. Keduanya diyakini akan membuat Malaga lebih kompetitif pada paruh kedua musim.

Gijon, yang dua tingkat di bawah Malaga, adalah tim dengan reputasi enggan bermain seri di kandang dan tandang. Malaga akan dipaksa ekstra hati-hati, karena Gijon terkenal nekad saat bermain di luar kandang. Dari delapan laga tandang, Gijon memenangkan empat dan lainnya kalah.


Almeria vs. Real Betis

Hugo Sanchez akan mengawali upayanya mengangkat Almeria dengan menghadapi Real Betis di depan pendukungnya. Fans tuan rumah bertanya-tanya, apa yang bisa dilakukan pengganti Gonzalo Arconada itu.

Sanchez yakin bisa meraih kemenangan kandang pertamanya, karena sejumlah pemain inti Almeria kembali fit dan siap berlaga. Miguel Angel Nieto dan Iriney Santos kembali menjadi starter, tapi Santiago Acasiete istirahat akibat cedera, dan Juanito terkena larangan berlaga.

Real Betis menutup tahun 2008 dengan satu angka dari empat laga sebelum istirahat musim dingin, dan merosot ke papan tengah, atau hanya berselisih lima angka dari tim yang berada di zona degradasi. Pelatih Paco Chaparro dituntut memperbaiki performa Betis, atau menghadapi ancaman pemecatan.

"Kami harus memenangkan derby Andalusian di kandang Almeria. Lawan kami punya pelatih baru, tapi pemainnya tetap sama, jadi kami tak punya alasan takut kalah," ujarnya.

Achille Emana dan Mehmet Aurelio akan kembali bermain, setelah menjalani hukuman. Namun Betis tidak akan diperkuat David Odonkor dan Mark Gonzales, yang masih cedera.


Recreativo vs. Numancia

Recreativo berpeluang keluar dari zona degradasi, ketika mengawali tahun 2009 dengan menghadapi Numancia di kandangnya. Recre relatif telah melupakan kekalahan 4-1 atas Deportivo La Coruna, sebelum istirahat musim dingin, dan akan bermain dengan semangat menyelamatkan diri dari ancaman terdegradasi.

Di sisi lain, Numancia akan mencoba memanfaatkan laga ini untuk menjuh dari zona degradasi. Numancia keluar dari zona degradasi berkat kemenangan 4-3 atas Valladolid sebalum istirahat musim dingin.

Numancia akan kembali diperkuat Domingo Cisma, yang telah bebas dari hukuman, tapi harus kehialngan Alvaro Anton akibat cedera.


Real Madrid vs. Villarreal

Klaas Jan Huntelaar dan Lassana Diarra akan membuat debutnya ketika Real Madrid menjamu Villarreal di Santiago Bernabeu. Juande Ramos berharap keduanya bisa mengubah performa Los Merengues, dan memberikan kemenangan yang akan mengangkat Madrid.

Madrid masih belum bisa diperkuat Gonzalo Higuain, Ruud van Nistelrooy, Ruben de la Red, dan Mahamadou Diarra.

Yellow Submarine terperosok ke peringkat keenam akibat dikalahkan Barcelona sebelum istirahat musim dingin. Manuel Pellegrini, pelatih Villarreal, diharapkan mengembalikan performa timnya dengan meraih tiga angka pertama dari laga away ke Santiago Bernabeu.

Joseba Llorente akan kembali bermain, setelah menjalani hukuman. Pellegrini dipastikan akan menurunkan skuad terkuatnya di Santiago Bernabeu.


Atl Bilbao vs. Espanyol

Setelah sekian lama bercokol di papan bawah, Athletic Bilbao naik ke posisi 12 klasemen sementara berkat dua kemenangan beruntun sebelum istirahat musim dingin. Gelandang Javi Martinez melihat Januari sebagai bulan penentuan bagi tim masyarakat Basque. Sedangkan pelatih Joaquin Caparros mencoba optimistis melewati Januari 2009 tanpa sederet pemain intinya.

Andoni Iraola, Ustaritz Aldekoaotalora, David Lopez, Inigo Velez, Carlos Gurpegui, Joseba Garmendia dan Ander Murillo, masih belum bisa bermain. Sedangkan Fran Yeste meragukan.

Di kubu Espanyol, Mane -- pelatih yang menggantikan Bartolome Marquez -- relatif belum mampu memperbaiki performa tim. Ia hanya bisa meraih satu angka dari tiga pertandingan, akibat banyaknya pemain cedera.

Espanyol juga akan bertandang ke Bilbao tanpa membawa kapten Raul Tamudo, Ivan de la Pena, dan Steve Finnan.


Valladolid vs. Santander

Valladalid adalah tim paling tidak konsisten sepanjang paruh pertama. Mereka bisa mengalahkan Real Madrid, Sevilla, dan Villarreal, tapi dengan mudah dipecundangi Numancia, Malaga, dan Espanyol. The Castillan kini di peringkat kedelapan, enam angka dari peringkat keenam dan sepuluh angka dari tim yang berada di zona degradasi.

Pedro Leon yakin kekalahan terakhir atas Numancia tidak akan mempengaruhi performa Valladolid saat menjamu Santander. Ia juga tidak terlalu gundah dengan absennya Javier Baraja, karena Nano Rivas telah sembuh dari penyakit gastroenteritis.

The Cantabrians, julukan Santander, gagal mengangkat dirinya meski telah meminjam Nicola Zigic dari Valencia. Kini, Zigic kembali ke Mestalla. Santader mengatasi kepergian Zigic, dengan memboyong Toni Moral -- gelandang asal Katalan. Santander berpotensi terus terperosok, karena masih tidak bisa memainkan Luis Fernandez, Jose Moraton, dan Oriol Lozano, akibat cedera.


Sevilla vs. Osasuna

Manolo Jimenez, pelatih Sevilla, ketika timnya dipaksa bermain tanpa gol di Mallorca, sebelum tutup tahun. Ia khawatir Sevilla kehilangan konsistensi, dan gagal mempertahankan posisinya saat ini.

Lebih mengkhawatirkan lagi, Ernesto Javier Chevanton dan Arouna Kone masih belum bisa bermain. Meski demikian Jimenez yakin timnya bisa menjinakkan Osasuna, tim di zona degradasi.

Osasuna relatif telah bisa bangkit, setelah meraih dua kemenangan beruntun sepanjang Desember. Pelatih Jose Antonio Camacho yakin pemainnya akan berlaga dengan ekstra motivasi ketika menghadapi empat tim besar sepanjang Januari; Sevilla, Barcelona, Real Madrid, dan Villarreal.

Namun fans Osasuna ragu timnya mampu meraih kemenangan tanpa saat bermain tanpa Xavier Margairaz, Roversio Rodrigues, Krisztian Vadocz, Ludovic Delporte, Cesar Cruchaga dan Dady.


Getafe vs. Deportivo

Seperti Valladolid, Getafe juga tim yang tidak konsisten. Mereka bisa mengalahkan Real Madrid dan Villarreal, tapi dipecundangi Osasuna 5-2 sebelum libur musim dingin. Meski demikian striker Manu del Moral optimistis Getafe mengalami kemajuan sepanjang 2009.

Getafe kembali diperkuat Juan Angel Albin, saat menghadapi Deportivo di depan pendukungnya.

Miguel Angel Lotina, pelatih Deportivo, tidak ingin larut dengan sukses bersaing dengan tim-tim besar pada paruh pertama musim. Menurutnya, The Galicans harus lebih baik di tahun 2009 agar bisa menembus zona Liga Champions.

Upaya itu akan dimulai saat bertandang ke Getafe. Beruntung, Lotina akan bisa menurunkan Pablo Amo dan Mista Ferrer.

0 komentar:

Name :
Web URL :
Message :